Minggu, 06 April 2008

Jerawat…

Mungkin ini masalah sebagian besar anak muda yaa… (baca: ABG)
Gw tuh jerawatan parah pertama kali adalah saat awal-awal kuliah S1… Seingat gw… Gw pernah berobat ke Estetiderma RSIB kalau gak salah nama dokternya Maria Handoko yaa.., trus ke Eva Mulia, nah sembuh setelah itu…

Beberapa tahun kemudian Jerawatan lagi. Seingat gw tahun 2001 atau 2002 gitu… Nah itu perjalanan panjang gw tuh… Ke dokter kulit (Dermatolog) karena ternyata setelah di obtain di Eva Mulia dengan segala metodenya gak juga membaik. Akhirnya perjalanan gw seingat gw ke dr. Ronny Handoko (sekarang dengan erha clinicnya), dr. Titi Moertolo, dr. Made Wisnu (Kimia Farma Radal), dr. Eddy Syarief (Mayestik), dr. Ade (RSPI), dan terakhir dr. Ariyani (JSC). Gak sembuh juga sampai akhirnya gw boseeeen berobat tapi gak sembuh juga.

Akhirnya gw ketemu dengan dermatolog gw yang sekarang. Seinget gw pertama kali konsultasi fee dokternya masih 40 ribu, sekarang siey sekitar 80-95 ribu tergantung ada atau tidaknya tindakan. Dokter gw yang sekarang namanya dr. Dewi Martini, prakteknya di Klinik Prima Husada Cinere. Dulu muka gw siey paraaaaaaaaah bangeeeet, sekarang siey Alhamdulillah udah tinggal maintenance, dan tinggal acne scar, beberapa freckles yang agak tebal. Kalo jerawat boleh dibilang udah gak ada paling-paling Cuma 1 atau 2, itupun jarang-jarang. Kuncinya siey… Pertama, Jangan males pake krim malamnya. Awalnya emang agak berat untuk mulai mendisiplinkan diri pake krim malamnya, apalagi kalo udah ngantuk. Solusinya dari gw adalah kalo abis mandi sore atau malam langsing aja olesin krimmya. Termasuk kalo malam mau keluar rumah. Gak papa… Cuma nanti saat udah pulang sampai rumah langsung cuci muka lagi, olesin krim malamnya sekali lagi sesuai ajuran dokter. Jangan angot-angotan, yang sabar. Karena sehebat apapun dokternya kalo kita males pake krimnya, pasti gak akan ngaruh deh. Biasanya setelah 3 minggu pemakaian sudah ada perubahan, misalnya jumlah jerawatnya berkurang, dsb. Kedua, jangan makan yang jadi pantangan. Khususnya yang jerawatan karena makanan. Ketiga, Telaten berobat, jangan mudah putus asa. Biasanya kalo selama 6 bulan jumlah jerawatnya terus berkurang 1 tahun akan berhenti dikit-dikit. Keempat, kalo jerawatnya udah gak ada teruskan maintenancenya. Misalnya pake sunblock, krim malam (again…), trus kalo bisa siey pake CP (Chemical Peeling) biasanya dimulai dari konsentrasi rendah misalnya pake Glycolic Acid 20%, 35%, dan akhirnya 50%. Awalnya dibersihin dulu mukanya pake susu pembersih sama susternya, trus sudut-sudut bibir, mata, hidung diolesin crem supaya gak kena CP-nya. Sewaktu diolesin brasa kayak digigit semut siey… Trus kita sambil megang kipas angin supaya gak terasa sakit, perih, dsb… Nah terus disemprotin neutralizernya. Setelah itu muka kita dikompres dingin pake wash lap sambil agak ditekan supaya CP nya nyerap dan bekerja di bawah kulit. Enak siey… Gak sakit, gak berasa apa-apa, Cuma lebih baik lagi kalo kita meminimalkan kontak dengan sinar matahari misalnya dengan pake sunblok dan payung kalo keluar rumah. Emang agak aneh siey untuk ukuran orang Jakarta. Kalo gw sendiri siey bodo ameeet. Yang penting gw gak freckles, trus gak penuan dini… J maksudnya wrinkle gitu… Gw ndiri sekarang kalo untuk muka udah CP Glycolic Acid 50%, sedangkan untuk leher CP 20%. Tau kan kalo untuk urusan muka gak ada yang instan… semuanya bertahap, butuh kesabaran tinggi. Sesuai dengan pengalaman gw berobat ke dr. Dewi dy Cuma ngandalin krim-krim doang, gak pake facial atau suntik-suntikan gitu (sereeeeem juga gw… Kalau harus di suntik). Tindakan yang gw rasain sejauh ini Cuma CP doang. Hasilnya juga oke bangeeeet… Yaa… walaupun mungkin harganya agak-agak mahal, tapi mahal itu relative deh. Apalagi kalo dibandingkan dengan hasilnya. Worthed deh!!!

PS. Skarang gw lagi ada 2 biji jerawat... Cukup mengganggu. Apalagi warnanya itu... mere mere durjane... Gak sedep gitu dipandang mata. Well gw berharap gak perlu intervensi teralu jauh... Yang pasti saat ini gw uda pake obat jerawar sakti gw yang kombinasi dari TCD semoga bisa cepat sembuh... Gw pengen CP soalnya abis ujian... Leher & Muka...

15 komentar:

LaYoenc mengatakan...

waktu di estetiderma hasilnya bagus g? gw pgn coba. soalnya abis ditotok malah muka gw penuh sm jerawat batu!mana si terapisnya (orang Walet Puti) anti bgt sm dokter jadi dia nglarang2 gw ke dokter. bls y gmn hasilnya di estetiderma..thx

Potret Diriku mengatakan...

Dear LaYoenc,

Ooooowh dear... Turut berduka cita atas jerawatnya yang pasti bandel dan menyebalkan ituh...

Oyeps... Kalo pertanyaan seputar Estetiderma, aku gak bisa kasih banyak comment. Masalahnya aku terakhir ksana tahun 1999-2000, di Estetiderma RS International Bintaro. Ternyata gak cocok dan gak sembuh. Yang ada jerawatnya malah tambah parah, begitu juga dengan sejumlah dokter spesialis kulit yang "tenar" yang namanya aku sebutin di atas. Gak ada satupun yang sembuh.

Justru sembuhnya sama dokter spesialis kulitku (SpKK) yang skarang. Yah udah langganan cukup lama juga, sekitar 6-7 tahun. So far sangat cocok, gak ada masalah. Gak kambuh lagi, dan gak ketergantungan sama obatnya. Sampai2 skarang aku cuma tinggal maintenance aja. Pake kosmetik siih bebas merdeka. Cuma emang pada dasarnya aku rada2 males dandan & bedakan. Jadi sehari2 yah cuma pake sunblock aja. Cuma karena mukaku pada dasarnya dari jaman dulu super sensitif, aku gak pernah sembarangan kalo mau totok muka. Soalnya pernah aku iseng2 mo coba totok muka di salah satu day spa d'jakarta, pas baru d'olesin krimnya mukaku terasa kayak kebakar, akhirnya aku suruh therapisnya untuk cuci mukaku. Dari sana aku biasanya kalau mau totok wajah bawa cream muka sendiri atau pakai air aja.

Oyaaah... Aku sangat merekomendasikan dokter kulitku, dr. Dewi Martini SpKK. Dicoba dulu deh, semoga cuco. Prakteknya di Klinik Prima Husada Cinere, setiap hari, setiap sore. Aku gak cuco sama Estetiderma, dan dokter2 kulit yang tenar2 itu, justru cuconya sama dokter yang ini. Jadi langganannya udah hampir 7 tahun. So far sooo good, gak ada complaint. Dokternya helpful, baik, perhatian, gak matre. Yah setiap bulannya aku ngabisin sekitar 250rb untuk dokter plus obatnya. Cukup murah, bila dibandingkan ke erha, natasha & LBC (yang dokternya cuma dokter umum), apalagi kalau ke JSC, SSC... Pokoknya worthy deh... Kebetulan keluarga, sodara dan teman2, yang aku rekomendasiin ternyata juga cuco sama dokter ini. Good luck!!! Ntar dishare updatenya yah...

tamidiaries mengatakan...

hai cewe, mau nanya dong
kamu kan ke Dr.Dewi Martini yg jg praktek di RS.Bintaro yah, aku agak tertarik nih

tapi perawatan sama dia,
*muka kamu jadi merah gak ? apalagi pas kena matahari jd kayak kepiting rebus gak ?
*kulit kamu jadi tipis gak ?
*kulit kamu ngelupas gak ?
*chemcical peeling itu apa sih ? berapa biayanya ?
*Dr.Dewi bisa ngecilin pori pori gak ?

muka aku kan g jerawatan banget, cuma jerawatan kalo lagi haid doang. Problem muka aku itu kusam, item karna kebakar matahari, sama pori pori besar banget bekas jerawat.
Kalo kayak gitu bisa konsul ke Dr.Dewi gak yah ?

tolong jawab yg lengkap yah, makasih banget infonya :)

Potret Diriku mengatakan...

dear tamidiaries,

semua keluhannya gak koq... gak kenapa2 biasa2 aja...

kalo CP sekitar 300rban say.. tergantung sama bahan yang dipakenya

Unknown mengatakan...

Untuk obat jerawat kombinasi tretinoin,clindamycin n dexametason itu masing2 dlm bntuk oral apa oles?N klo oral masing2 kadarx brp mg?Thanks

Potret Diriku mengatakan...

Dear Inung,

Aduh say, aku kurang tau tuh konsentrasinya berapa persen. Soalnya udah terima jadi aja. Mendingan konsultasi ke sana aja yah say... ;)

nindy mengatakan...

kak aku mau tnnya dng
kk sekali dtng brp ??
trs itu ketergantungan g/?
mengandung bahan kimia g??
klo udh pake paket trs mau make up bedak harus khusus g kak?

skrng tuh dr nya ada d bintaro apa do cinere yah ??

makasih kak

Potret Diriku mengatakan...

Hi nindy, thanks for coming.
Aku coba jawab satu2 yah...
Pertama, sekali datang berapa, okeh, bulan lalu aku ksana buat CP (chemical peeling) itu abis sekiytar 320rb (dokternya gratis cuma CP nya kombinasi 3 bahan), kalo obat sekitar 150rb.
Kedua, ketergantungan atw gak jawabannya gak, cuma karena concernku adalah maintenance, secara aku juga udah 30an, maka aku pengen kulitku keliatan muda terus. Jadi aku agak extra perawatan. Misalnya pake advance anti aging. Tapi kalo krim dari dokternya sih gak.
Ketiga, kalo bahan kimia pasti, cuma pastinya dalam jumlah terkontrol. Lagian mana ada krim perawatan muka (baik resep dokter maupun bukan resep dokter) yang gak pake bahan kimia. Masalahnya adalah harus dalam jumlah aman, terkontrol dan paling harus diawasi dokter. Kalo memang pengen bahan alami yah ngeramu sendiri aja pake daun the misalnya. Cuma gak tau deh hasilnya.
Keempat, ini gak dijual paket, ini customize, jadi tiap orang itu gak sama pake bedak boleh bebas merdeka, tapi cuma boleh pake bedak tabur. Kalo aku sih gak pake bedak sama sekali. Cuma sunblock aja yang diaplikasiin tiap 4 jam sekali.
Kelima, dr. Dewi praktek di rs premier bintaro dan prima husada cinere. Tapi di bintaro pake estetiderma dan aku gak cocok jadi aku mualees ksana lagi. Sekarang siyh sebulan sekali ke cinere.

Anonim mengatakan...

halo kak :)
aku tertarik bgt sama cerita kakak karena sekarang aku lagi berobat di RS Premier Bintaro dengan dr. Dewi Martini.

aku mau tanya, waktu kakak berobat dengan beliau, krim malamnya racikan ato bukan?

trus pagi2 disuruh pake krim jerawat juga ga?

nah ketika skrg uda ilang, uda mulai bisa pake make up, ga mgkn donk pake make up skaligus krim? krim paginya jadi uda ga perlu dipake lg y?

aku juga jerawatan parah, baru 3 bulanan aku berobat ke beliau. puji Tuhan ada pengurangan. fyuhh harus sabar banget sampe bener2 ilang nih..

itu aja kak. makasih yaa :)
GBU

Potret Diriku mengatakan...

Hi Angellica, sorry banget baru buka lagi blognya :D

Aku semua creamnya siyh racikan yah, kalo pagi gak pake krim jerawat, soalnya gak ada jerewti. Kalo ada pun pakenya cuma malam aja.

Kalo cream pagi itu kan isinya sun block minimal SPF 3o, kalo pake make up tetap pakelah sun blocknya, kalo gak pake ntar jadi freckles lho. Minta aja sunblock yang warna biar bisa jadi base make up. ;)

Unknown mengatakan...

slmt siang ka...
saya mau curhat nh tntang jerawat saya sklian mnta saran'y yh...

saya udah 3 thn jerawatan, jerawat'y sih semacam jerawat nasi, kecil" gitu tapi membandel, trs muka saya tuh berminyak (walau saya gak pernah kerja dibengkel). Tapi mash syukur sh cuma ada disbelah pipi kiri, tapi ttp aja bkin saya minder dan down kalo dkt sama cewek.

saya udah pernah berobat di dr. spes. kulit (Dr. Kusuma lok. di daerah utan jati jak-bar) tapi saya cuma dikasih obat aja gak pernah diobatin lngsung di TKP, dan obatnya pun hny sebatas cream malam/pagi, sunblock, face tonic, facial foam. Tapi ttp aja gk ada perubahan yg signifikan.
saya jg prnh pakai TJE FUCK, tp apa malah uang saya gosong, sama halnya kaya pengaruh obat itu ke wajah saya, gong, panas dan kulit mengelupas.

nah saran kaka saya harus memakai metode apa dan berobat dimana ?
Trs kira" brp budget yg dikeluarkan tiap kali berobat ?
mhon direply scptny, kalo gak mnta nope biar lb cpt ngasih infonya... hehehe kidding

Unknown mengatakan...

Halo,
Salam kenal ya say..

Aku seneng baca blog km, review ttg dokternya lengkap bgt. kebetulan aku tinggal di cinere tp ga pernah tau ada dokter bagus di prima husada. Pertanyaanku, waktu pertama pake krimnya km purging ga? terus spider vein gmna? banyak ga?

Aku lg pengen nyari dokter kulit tp ga mau yg aneh2. dia juga bs kan kl untuk perawatan, jd bukan cm sekedar untuk jerawat gitu? soalnya warna kulit mukaku lg belang :,(

Makasi sebelumnya yah :)

Unknown mengatakan...

Halo,
Salam kenal ya say..

Aku seneng baca blog km, review ttg dokternya lengkap bgt. kebetulan aku tinggal di cinere tp ga pernah tau ada dokter bagus di prima husada. Pertanyaanku, waktu pertama pake krimnya km purging ga? terus spider vein gmna? banyak ga?

Aku lg pengen nyari dokter kulit tp ga mau yg aneh2. dia juga bs kan kl untuk perawatan, jd bukan cm sekedar untuk jerawat gitu? soalnya warna kulit mukaku lg belang :,(

Makasi sebelumnya yah :)

Novie mengatakan...

Hei aku mau tanya klo klinik dokter km itu pasnya deket apa ya? Mahal ga pertama kali kita dtg? Info ya thanks

Potret Diriku mengatakan...

Hi Semuanya,
Thanks buat kunjungannya, tapi blognya udah pindahan ke ngobrolserbaserbicantik.blogspot.com ada rekomendasi dokter, rekomendasi produk, dll. See you there! :*