Senin, 07 April 2008

Tugas Kuliah…

Bingung… Uuuuh…  gw tadi ngerjain case ALK yang Ferro Corporation. To be honest yaa… Dari minggu ke minggu gw semakin gak ngerti aja cara ngerjain tugas2 ALK yang jawabannya benar. Hal itu disebabkan oleh keharusan kita me’RECAST’ segala bentuk laporan keuangannya dengan informasi yang terbatas. Yang ada Cuma Form 10-K (Audited Annual Financial Statement and management discussion analysis) dengan selected information.

Gw langsung aja me’RECAST’ I/S nya dengan memasukkan checking items nya ;) supaya ada guidance untuk gw ngitung Net Salesnya. Hweheheheheheheheheee…  daripada pusing2. Jadi gw harus menjelaskan kenapa US federal income tax ratenya beda dengan effective tax rate. Yang pasti karena ada beberapa adjustment kan… Ngerjain tugas2 kuliah yang kayak gini kita berasa kayak anak2 lagi kayak main puzzle gitu.. Ketemu di sini, yang sebelah sana gak ketemu. Tapi sebenarnya fun juga.

Gw gak ngerti sejak kapan gw suka finance. Yang pasti perjalanan gw yang sekarang disebabkan oleh waktu SMA gw kan jadi anak IPS, jadi musnahlah sudah cita-cita gw jadi arsitek,atau insinyur elektro kayak bokap… Nah pas kelas tiga gw agak bingung juga milih jurusan apa… Pas UMPTN gw milih Hubungan Internasional FISIP UI dan Psikologi UNAIR. Alasan gw saat itu milih HI adalah mo jadi diplomat biar jalan2 keliling dunia gratis (pendek banget pikirannya), sedangkan Psikologi karena gw gak tau mo milih apalagi. Walhasil dua-duanya gak diterima, dan kemudian gw pengen masuk desain ITB atau IKJ sama bokap dan nyokap juga gak boleh, alasannya lagi jaman krismon, trus yang seni-seni gitu akhirnya Cuma jadi seniman edan… susah cari kerjanya. Yaaa sudahlah akhirnya gw ikutin kemauan mereka dengan masuk jurusan Akuntansi UAJ… Awalnya gak teralu susah siey bagi gw untuk ngikutin matakuliahnya secara gw anak IPS gitu lho… Yaa… Akuntansi sampe perusahaan dagang mah udah dapet deh…

Anyway… Selama kuliah gw nyadar banget gw bukan anak yang pintar. Tapi gw tuh tipe orang yang kalo pengen sesuatu harus terjadi. Termasuk kuliah sampe S2 (cita-cita gw saat itu). Mungkin di saat teman-teman gw belum berpikir untuk S2. Gw selalu berdoa, gimana yaa caranya supaya bisa kuliah S2. Soalnya gw agak males baca text book. Tapi gw juga heran… Gw hobi banget baca majalah, Koran, atau buku2 lain… Misalnya buku pop science, politik, atau buku2 yang bisa membuat gw menghayal tentang sesuatu yang diceritakan oleh buku itu. Intinya gw suka buku-buku yang disuguhkan dengan “MILD”…

Nah kesukaan gw dengan finance and capital market adalah saat gw ngambil matakuliah Manajemen Investasi (Investment) gw ngertiiiiii banget. Gak tau apa karena suguhan dari dosennya yang menarik atau faktor2 lain. Gw sampai ngambil ujian profesi pasar modal untuk broker dealer (WPPE alias Wakil Perantara Pedagang Efek), Cuma gw masih belum izin operasionalnya di BAPPEPAM-LK Karena kalo gak digunakan atau kita gak kerja di perusahaan efek selama 2 tahun berturut2 maka izin itu akan gugur. Artinya gw harus ujian lagi. Jadi mendingan gak diurus, sampe gw kerja di perusahaan efek.

Setelah kuliah di MMUI gw siey merasa ada suntikan ilmu-ilmu baru yang sebelumnya gak gw dapetin waktu S1 (atau karena gw yang sering bolos yaa????) Untuk bidang2 finance misalnya treasury, pelajaran treasury yang gw ingeeeeet banget adalah “How to make money!!!” alias UANG… UANG… dan UANG… secara gw kuliahnya keuangan yaa…

Seneng deh gw kuliah di MMUI… Dulu gw Cuma bisa liat Prof. Roy Sembel hanya lewat tulisannya di Koran atau acara tv. Sekarang Pak Roy kenal sama gw, trus gw bisa nanya apa aja lagi sama dy soal investment. Walaupun selama kuliah dia tugasnya tuh maha dahsyaaaaaat.

Trus dosen gw Pak Junino Jahja adalah ex. CFO (Chief Financial Officer) nya Indosat Tbk., yang sukses membuat ISAT listing di NYSE. Setelah itu dy jadi deputi bidang pengaduan masyarakat di KPK, dan posisinya sekarang adalah CEO (Chief Executive Officer) dari PERURI tempat gw mengambil bahan untuk thesis. Bapaknya sering banget cerita tentang Conspiracy Theory… Salah satu yang gw suka…  maklumlah pengalamannya di KPK dan juga sebagai aktivis mahasiswa jaman tahun 70-an… Anyway yang gak pernah gw duga adalah nilai ujian Treasury gw untuk paruh pertama 100 lho… Alias perfect. Tadinya gw bingung koq teman2 teman yang lain ada nilainya ternyata nilai gw ditulis 100/100. Trus koq gak ada coretan di kertas ujiannya. Gw pikir gak diperiksa bapaknya. Eh ternyata gak ada yang mesti dicoret. Jadi dicuekin aja sama bapaknya. Thanks Pak…

Trus dosen gw Pak Edgar Ekaputra, sekarang CEO Danareksa… salah satu investment banking terpandang di Indonesia. Dy juga punya profesi lain yaitu atlit nasional paralayang. Kalo yang bikin gw inget, dy selalu minta kalo kita jawab pertanyaan gak usah pake jargon-jargon. Kalo jawab tuh kita kayak cerita ke kakek yang gak ngerti bahasa bisnis.
Ada lagi dosen yang lucu… saat dia masuk kelas gw langsung bisa nebak dia Jawa Timuran… teryata angkatan 1995 Akuntansi FEUI. Namanya Pak Edward Tanujaya. Orangnya lucu banget, bisa bangkitin semangat kita kalo kuliah siang, apalagi kuliahnya tuh KI (Keuangan Internasional) yang gituuu deh (baca: agak susah). Gw siey ngerti kalo dia yang ngajar walaupun kadang menurut gw dia ngajarnya kayak lagi ludruk srimulat. Lucuuuuuuu….. padahal gw kuliah sama dia tuh ALK (Analisa Laporan Keuangan) yang lumayan membuat beban. Tapi karena dy yang ngajar gw koq enjoy yaa… Ngerti tapi santai… trus dia suka nraktir kita-kita kalo kuliah terakhir, waktu ALK kelas gw di traktir makan Soto di TIM… Enak banget. Apalagi pada dasarnya gw doyang yang namanya soto. Trus besok kuliah terakhir KI kita mo makan-makan di Burger King Sarinah. Thanks Pak Ed… BTW… Pak Ed masyiiih single lho… Ada yang minat gak… Liat aja di FS… Namanya Edward Tanujaya… Ayoooo Pak semangat. Kami carikan istri, biar kalo bikin soal ujian gak susah2 lagi. Hiiihiiiihiiii… 

Aduuuuuh abis belajar kenapa jadi laper banget yaa…?? Gw pengen makan niey… Tapi pengennya makan roti. Cuma di rumah lagi gak ada roti gandum. Skarang kan gw lagi doyan makan roti gandum pake selai strawberry… Tapi udah malam, dan gw ngantuuuuuk euy…

Tidak ada komentar: