Jumat, 17 Oktober 2008

Kerjaan oooh… Kerjaan…

Mmmmh… udah lama juga ternyata gw gak posting di blog. Maklumlah kesibukan pekerjaan yang menggila. Walaupun sebenarnya banyak bangeeet hal yang mau gw tulis. Bukan hanya sekedar tulisan curhat gw…


Tapi kayaknya sekarang yah… Gw mau curhat aja… Soalnya kayaknya otak gw udah bener2 lelah untuk serius berpikir.


Curhat gw kali ini tentang kerjaan… Perkerjaan gw sebagai Corfin atau Management Consultant, sebenarnya adalah pekerjaan yang menyenangkan. Bisa banyak ketemu orang, berinteraksi gak Cuma dengan para pembesar2 perusahaan (Management atau Direksi) tapi juga orang2 lapangan, dengan variasi klien yang macam2 jenisnya. Dari perusahaan pertambangan, perminyakan, sampai perusahaan produsen ban dalam sepeda dan sepeda motor. Jalan2 ke hampir seluruh tempat di Indonesia, makan2 enyaaaak, seruuu… Gw jadi banyak belajar mengenai industry klien, proses produksinya sampai segala hal, yang kadang gak pernah kebayang sama gw sebelumnya. Menariik sih…


Tapi… Jujur… Gw merasa agak berat dengan jam kerja gw yang minimal 15 atau 16 jam per hari. Dengan jumlah hari kerjanya per minggu hampir 7 hari (alias nyaris gak ada libur). Walaupun di kontrak kerja gw sih ditulisnya working hour is 8.00 – 18.00, Monday to Friday. Tapi pada kenyataannya selama gw kerja, belum pernah sekalipun jam 18.00 teng… teng… teng… gw bisa langsung pulang. Yang ada kadang2 adalah gw baru dapat kerjaan baru dari Partner (boss, dalam hirarki Consulting Firm), padahal kerjaan itu kerjaan yang bener2 gw harus kerjain dari noool dan gw harus bikin analisisnya sekalian. Tapi semuanya sih tergantung kesediaan dan kelengkapan data juga. Kalau lengkap dan berdasar bisa juga lebih cepat. Tapi kalau proyek2 besar bisa juga lama atau bahkan sangat lama. Soal proyek lagi niih… Gw agak bingung… Kenapa tanggung jawab yang dilimpahkan sama gw dari partner begitu besar, alias gw bekerja dengan workload yang uncontrollable by myself. Bayangin aja, dalam waktu yang bersamaan gw pegang 8 klien besar, dengan proyek yang beda2, dan gw juga harus ngerjain riset UN dan kantor gw. Artinya gw harus mengerjakan semuanya berbarengan dengan kemampuan switching yang cepat. Kebayang doong… gimana pekerjaan itu menghantui gw… Membuat gw bekerja dengan jam kerja minimal 15-16 jam perharinya, nyaris tanpa hari libur saat akhir minggu. Banyak yang bilang kalau gw workaholic… Tapi sejujurnya yah… Gw bukan orang yang workaholic, tapi karena pekerjaan mengharuskan gw mengejar target deadline walhasil gw harus berpacu dengan waktu. Sempat bahkan gw gak pulang 4 malam, karena terpaksa nginep di kantor, karena harus menyelesaikan report untuk IPO sebuah perusahaan besar pertambangan.


Dengan beban pekerjaan yang sebegitu beratnya, kadangkala gw terpaksa juga kehilangan semangat dan mood. Merasa sangaaat bosaan dan terbebani dengan pekerjaan ini. Apalagi saat gw terpaksa tidak menikmati indahnya hari libur, walaupun Cuma untuk tidur seharian, atau berjalan2 di mall tanpa tujuan, Cuma window shopping, nonton, liat2 & baca buku, duduk2 sambil ngobrol, atau beli makanan, atau gw nyalon seharian perawatan dari ujung rambut sampai kaki, ber-spa ria, dilayanin sampai ketiduran, dan pulang dalam keadaan yang relax, rambut harum, dan diblow rapi, besoknya siaap kerja. Hal-hal kayak gini yang hilang dari hidup gw… Yang sekarang jadi sesuatu yang mahal. Makanya sekarang kalau gw pengen bisa istirahat di weekend tanpa gangguan sms atau telpon dari orang kantor dan klien, biasanya cell phone gw yang primary GSM number pasti gw selalu matiin. Yang nyala Cuma CDMA, dan cell phone gw yang Cuma orang2 dekat yang tau. Jadi sebenarnya untuk orang2 dekat selain kerjaan gw masih bisa teuteep berhubungan. Tapi biasanya kalau hari Senin pagi saat nyampe kantor sebelum weekly meeting gw baru nyalain cell phonenya… Banyaaak bangeet sms dan telpon urusan kerjaan, baru deh gw follow up. Kayanya memang harus begini deh gw nyikapin pekerjaan. Selain itu gw gak membiasakan untuk bawa pulang pekerjaan, karena dengan jam kerja yang panjang itu rasanya gw gak akan lagi mau ngabisin waktu istirahat gw untuk ngerjain kerjaan kantor. Walaupun kadang Partner nyuruh gw bawa aja kerjaannya pulang. Tapi sorry to say yah… Rumah itu urusan gw yang lain, no more to work… Emang kadangkala gw harus tegas soal kerjaan, abis boss2 di kantor gw suka gak sadar waktu kalau ngasih kerjaan. Pokoknya dipekerjaan yang seperti ini sebenarnya yang dibutuhkan gak Cuma otak, tapi juga fisik yang harus tangguh. Makanya mungkin karena itu, dipekerjaan ini lebih didominasi laki2. Tapi kita2 yang perempuan juga gak kalah hebatnya lho…


Mengingat berbagai pertimbangan di atas, gw mungkin harus lebih care sama urusan kesehatan. Apalagi gw paling2 tidur 4 – 5 jam perhari. Mungkin gw juga harus berkaca dari apa yang terjadi sama seorang boss gw di kantor. Beliau kena kanker payudara, setelah 14 tahun lebih kerja di pekerjaan yang seperti ini. Ini seharusnya jadi alert untuk gw. Harus mengutamakan kesehatan di atas segala2nya. Apalagi belakangan gw merasa agak gampang untuk sakit. Misalnya aja flu… biasanya paling lama 10 hari, udah sembuh tuntas. Gw gak perlu ke dokter. Cukup minum obat aja, tidur lebih cepat, makan teratur, agak banyak makan buah2an dan vitamin C. Tapi sekarang… Udah ke dokter dan obatnya habispun kadang gak sembuh2. Giliran gw udah mau sembuh, dan ternyata di kantor ada yang sakit, gw jadi sakit lagi. Sampai2 gw pernah bulak balik ke dokter sampai 3 kali, karena obatnya habis, sedangkan gw gak sembuh2. Pada akhirnya dokternya nyuruh gw untuk istirahat, dan mau dibikinin surat sakit. Tapi gw berhasil menolak “Wah Dok… Kalau nyuruh aku istirahat, mendingan Dokter telpon langsung aja Managing Partnernya. Gak bisa, aku deadline klien.” Dan dokternya Cuma geleng2 aja sama jawaban gw. Sebenarnya gw juga mau hidup normal. Kerja 9 – 6 gitu… Tapi apa daya… Walaupun sih, sebenarnya gw ada rencana untuk pindah kerja ke Company aja…


Dipekerjaan ini sih, menurut gw reward yang gw dapat sangat worthy. Apalagi untuk ukuran single seperti gw. Allowancesnya juga cukup baik, gw ke kantor tinggal bawa badan aja… karena semua udah disediakan di kantor. Termasuk makan siang dan makan malam (natura… sebagai pengurang pajak untuk perusahaan), asuransi kesehatan juga dicover full, trus taksi juga dicover full pp. Boleh dibilang gaji gw tuh utuh bangeet, apalagi plus gw jarang libur, yang artinya juga gak sempat ngeluarin uang untuk jalan2 atau belanja. Sebenarnya kan artinya gw kan tinggal kerja aja… Tapi sekali lagi gw manusia yang punya rasa, kadang gak mood, gak semangat untuk kerja, ngerasa cape fisik, dan itu udah berlangsung selama gw kerja. Gw bener2 gak punya waktu untuk diri gw sendiri, atau orang2 di sekitar gw… karena gw hanya kerja… kerja… dan kerja… itu membuat gw merasa “autis” yang bener2 bukan gw bangeeet… Apalagi di kalangan teman2 dekat, gw dikenal sebagai orang yang lumayan senang bersosialisasi, walaupun Cuma ngerujak bareng… itu yang bener2 terasa untuk orang2 di sekitar gw. Banyak hal2 yang hilang, mungkin sebanding juga dengan opportunity costnya.

Sebenarnya alasan gw pengen pindah kerja, mungkin lebih ke kebutuhan gw yang bukan hanya sebatas materi tapi juga gw pengen hidup “normal” yang bekerja 9 – 6, bisa bersosialisasi, hidup balance, gak Cuma semata-mata dunia doang, tapi juga akhirat, gw juga pengen bangeet bisa kuliah S3. Sekarang aja, kalau masih dengan kesibukan yang seperti ini gw gak akan bisa untuk daftar S3 untuk bulan January 2009 ini. Karena, gw harus cari promotor at least 3 – 4 orang, yang juga minimal harus Ph. D, atau Prof., berikutnya gw harus bikin rencana disertasi, padahal boro2 rencana disertasi, kepikiran aja belum, apalagi kayaknya otak gw niih udah penuh sama kerjaan kantor yang semuanya deadline itu, berikutnya adalah gw harus bikin riset, karena thesis S2 gw itu semuanya studi kasus, saat itu yang ada di otak gw kan gimana caranya harus secepatnya lulus, jadi gak sampai kepikiran gimana kalau ntar S3 gw harus nyerahin riset gw. Akhirnya yang kepikiran sama gw adalah untuk nyerahin riset untuk UN yang dikerjain kantor gw, which is gw juga yang ngerjain sedetail2nya… Tapi riset itu masih preparation stage, gak tau sampai kapan, karena proyek yang lain semuanya berkejaran untuk deadline.


Keluarga gw sih, sebenarnya gak teralu mempermasalahkan jam kerja gw yang panjang dan tak menentu. Walaupun bokap nyokap gw punya 3 anak yang semuanya perempuan, kayaknya mereka gak teralu masalah. Apalagi kita ber-tiga ini semuanya kerja dengan waktu yang panjang dan gak jelas. Kebetulan gw management consultant , yang pulangnya hampir tiap hari selalu di atas jam 24.00, ade gw yang pekerjaannya sebagai lawyer or corporate legal consultant di law firm, yang juga pulangnya selalu malam, bahkan kadang pagi, dan ade gw yang paling kecil pekerjaannya sebagai jurnalis televisi swasta yang membuat dia juga harus bekerja dengan waktu yang panjang dan tak menentu. Bahkan waktu lebaran kemarin, tanggal 30 September kemarin gw dan adik2 gw masih harus tetap masuk kerja. Yang paling kasihan sih ade gw yang paling kecil. Karena dia baru jam 02.00, setelah liputan arus mudik di Pantura. Itupun dibela2in untuk bisa sholat ied di masjid dekat rumah, abis sholat ied, makan dan yang ada kita ber-3 langsung tertidur pulas, sepulas2nya, walaupun banyak sodara2 yang datang, kita seakan tidak perduli. Tapi bukan apa2… semua karena kita ber-3 ngerasa cape yang luar biasa. Setelah tidur sekitar 6 jam-an. Udah agak sore juga, kita ber-3 gotong royong. Gw nyuci piring yang bejibun itu, nyiapin lagi makanan untuk tamu2 yang baru datang biasanya setelah maghrib, ade gw yang satunya nyapu & ngepel, yang satu lagi ngerapiin rumah… Berhubung lebaran tahun ini si mbak ikutan mudik. Hal-hal kayak gini yang mungkin gw, ade2 gw, dan bokap nyokap gw ngerasa hilang. Dulu… waktu kita masih pada kecil2 kita itu kalau lebaran ikutan sibuk… Ngupasin bawang, milihin cabe, ngevaccum rumah, pokoknya segala persiapan lebaran deh… Seru… Walaupun kadang agak males2an juga. Tapi sekarang itu lho yang gw bener2 kangeeenin. Dulu gw suka ikut2an bikin kue kering, walaupun diomelin nyokap. Sekarang… semua kue kering di rumah, dan beberapa makanan kita beli. Hanya makanan yang khas aja kita bikin, pastinya yang masakan Banjar.


Yah… mungkin hal2 ini yang bikin gw pengen hidup yang “normal”, balance, dan gak teralu menomer satukan pekerjaan. Artinya gw harus secepatnya cari pekerjaan dengan jam kerja yang jelas, karena gimanapun gw gak mau kehilangan semua yang lebih penting dalam hidup gw… Keluarga, kesehatan, teman2, dan kesempatan untuk gw beraktualisasi diri.


Yah… syukur Alhamdulillah bangeeet dari semua doa gw yang selalu panjatkan dalam sholat dan Umroh gw dari beberapa tahun yang lalu, dan Umroh gw yang terakhir. Hampir semuanya dikabulkan sama Allah… Dulu gw ingeet banget Cuma minta bisa selesai S1 dengan mulus, Alhamdulillah bisa sampai selesai S2, bisa dengan mudah dapat pekerjaan, Alhamdulillah, malah dapat pekerjaan yang bagus, dengan posisi yang juga prospektif dan bagus, gw minta orangtua gw bisa awet sampai tua, dan selalu sehat, Alhamdulillah juga dikabulin, gw minta ade2 gw dan gw bisa rukun terus, dan punya karir yang juga ok… Alhamdulillah juga dikabulin. Di Umroh terakhir gw berdoa, minta dikabulkan cita2 gw untuk bisa S3 dengan mulus, karir gw yang makin mapan dan mantap, rejeki yang berlimpah, tapi tidak membua gw lupa diri, orangtua yang sehat2 terus, dan rukun, gw dan ade2 yang suksees dengan karir masing2, ketemu dengan suami yang benar2 bertanggung jawab, baik, bisa membimbing gw untuk beribadah, pengertian, sayang sama gw, keluarga, dan anak2, jadi pasangan yang awet, keluarga sakinah, bisa jadi suami panutan, punya anak2 yang soleh dan soleha, pintar, lucu, dan sehat, berguna untuk orang lain, dan agamanya, dapat keluarga baru yang juga baik, sayang, dan menganggap gw layaknya anak kandung, yang benar2 bisa membimbing gw dan suami (Insya Allah), semoga semuanya sama Allah juga dikabulkan lagi doa2 gw…


Yah… sekarang gw hanya bisa pasrah, sambil terus bersyukur atas apa yang sekarang gw miliki, karena disaat banyak orang mengharapkan apa yang gw dapatkan semuanya bisa gw dapat hanya dari Allah dengan mudahnya. Dan tanpa mengurangi rasa syukur gw sekarang, gw juga pengen punya hidup yang “normal” supaya gw bisa melakukan hal2 yang lainnya.

Tidak ada komentar: